Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pada bulan Juni ini, tepatnya tanggal 14 Juni kita memperingati hari Donor Darah Sedunia. Darah merupakan bagian tubuh yang penting bagi manusia. Untuk proses transfusi darah dari satu orang ke orang lain, pengenalan golongan darah harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Donor darah mempunyai beberapa efek samping sehingga masyarakat perlu mengetahui manfaat dan syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah.

 

Donor darah sendiri mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Transfusi darah sendiri sangat bermanfaat  dalam pengelolaan pasien dengan luka pada kasus kecelakaan, kondisi bedah, keganasan, komplikasi dalam kehamilan, dan kondisi medis lainnya. Donor darah bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung seperti Infark Myokard Akut.

American Association of Blood Banks menyebutkan saat mendonor darah akan diambil sebanyak 500 ml yang mana jumlahnya sekitar 8% dari total keseluruhan darah. Saat mendonor darah, pendonor dapat menyumbangkan darah utuh atau komponen darah tertentu, seperti trombosit dan plasma.  Jumlah yang diberikan dalam prosedur donor darah akan bergantung pada tinggi badan, berat badan dan jumlah trombosit.

Apa syarat untuk mendonor darah?

Beberapa syarat yang bertujuan untuk menjamin keselamatan pendonor dan penerima darah adalah:

  1. Umur 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  2. Berat badan minimal 45 kg.
  3. Temperatur tubuh berkisar antara 36,6-37℃
  4. Tekanan darah baik, yang ditunjukan dengan sistole 110-160 mmHg dan diastole 70-100 mmHg
  5. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit
  6. Hemoglobin baik pria maupun wanita minimal 12,5 gram
  7. Bagi penyumbang darah wanita tidak sedang haid, hamil atau menyusui.
  8. Tidak memderita penyakit jantung, hati, ginjal, paru, kencing manis, perdarahan, kejang, atau penyakit kulit kronis.
  9. Tidak pernah menderita penyakit hepatitis B
  10. Tidak pernah menderita penyakit tuberculosis, sifilis, epilepsy dan sering kejang.
  11. Tidak pernah mengalami ketergantungan obat, alkoholisme akut dan kronik.
  12. Tidak pernah menderita penyakit kulit pada vena
  13. Tidak mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah, misalnya defisiensi G6PD, thalasemia dan polisitemia vera.
  14. Tidak mengidap penyakit HIV/AIDS (homoseks, morfinis, berganti-ganti pasangan seks, pemakai jarum suntik tidak steril).  

Apasaja manfaat donor darah?

Donor darah akan membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung dan masalah jantung lainnya. Penelitian menunjukan, mendonorkan darah akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh. Kelebihan zat besi diduga berperan menimbulkan kelainan pada jantung. Kelebihan itu akan membuat kolesterol jahat (LDL) membentuk antikolesterol (plak lemak yang akan menyumbat pembuluh darah).

Manfaat lain mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali akan menyebabkan tubuh  akan terpacu untuk membentuk sel-sel darah merah baru. Sehigga fungsi sel darah menjadi lebih baik dan pendonor akan menjadi sehat.

Kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Setelah mendonor darah, pendonor diharapkan untuk memperhatikan beberapa hal, antara lain:

  1. Duduk sebentar sambil minum air putih atau makan makanan kecil
  2. Membatasi aktifitas fisik minimal 5 jam setelah donor
  3. Tidak berdiri lama di bawah sinar matahari lansung
  4. Tidak merokok selama dua jam setelah donor darah
  5. Tidak minum alkohol sampai 24 jam setelah donor
  6. Minum banyak cairan untuk menggantukan cairan tubuh yang hilang.

Donor darah merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, dan dapat dilakukan secara rutin. Dari banyaknya manfaat kesehatan yang bisa dirasakan dari rutin donor darah, setiap tetesan darah yang disumbangkan akan berharga bagi orang yang membutuhkan dan bisa menyelamatkan jiwa orang lain.Selamat Hari Donor Darah Sedunia!